Zulkifli Hasan mengatakan ilmu pengetahuan bisa memutus rantai kemiskinan

Jakarta (ANTARA News) – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan menguasai ilmu pengetahuan penting untuk mengelola sumber daya alam dan juga merupakan salah satu cara untuk memutus rantai kemiskinan di masyarakat.

“Jadi, kuncinya bukan pada sumber daya alam, tetapi pada sumber daya manusianya,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Senin.

Pesan itu disampaikan saat menyosialisasikan Empat Pilar MPR kepada ratusan nelayan dan masyarakat lainnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung.

Zulkifli Hasan mencontohkan bahwa Singapura bukanlah negara yang tangkapan ikannya melimpah atau hasil panen padinya berton-ton, namun mereka mampu menjadi bangsa yang sejahtera dan makmur karena rakyatnya menguasai ilmu pengetahuan.

Untuk itu dirinya mengimbau agar para nelayan dan masyarakat lainnya menyekolahkan anaknya.

“Kita bimbing anak-anak kita agar belajar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan juga kembali mengingatkan bahwa bangsa Indonesia sedang memasuki tahun politik. Oleh karena itu, dia meminta agar perbedaan politik di masyarakat disikapi dengan bijak.

“Kita mau pemilu bukan mau perang, jadi kalau beda pilihan jangan berantem,” tegasnya.

Zulkifli Hasan juga mengatakan MPR diberi tugas untuk menjaga persatuan lewat Sosialisasi Empat Pilar, untuk itu dirinya mengajak semua bersikap damai saat pemilu.

“Politik boleh beda namun merah putih kita sama,” ujarnya.

Saat memberikan sosialisasi, dia juga menyatakan harapan agar nelayan dan keluarganya melaksanakan Pancasila dalam keseharian. Keragaman yang ada, menurut Zulkifli Hasan perlu dijaga.(KR-MRA)

Baca juga: Ketua MPR ingatkan pemilu ajang memilih pemimpin terbaik

Pewarta: Maria Lisbet Hestica Pardosi
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA 2018