Media Turki Sebut Khashoggi Dimutilasi Hidup-hidup

Istanbul: Media Turki Yeni Safak merilis rincian rekaman audio penyelidikan kematian wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Dalam rekaman tersebut terungkap Khashoggi tewas dimutilasi hidup-hidup.

Rekaman ini diperoleh dari intelijen Turki. Para pembunuh Khashoggi sebelumnya dilaporkan menunggu saat wartawan tersebut berjalan ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Sedangkan sebagian lainnya atau sebuah tim yang diduga terdiri dari 15 agen Saudi, beberapa memiliki hubungan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, sedang menunggu Khashoggi di dalam konsulat Saudi. 

Ketika dia tiba pukul 1:15 sore waktu setempat pada 2 Oktober, ia segera ditangkap saat memasuki kantor dan kemudian dipukuli serta disiksa sampai mati. Sebelum menemui ajalnya, para pembunuh Khashoggi memutilasi beberapa anggota tubuhnya, mulai dari jari hingga memenggal kepala. Laporan mengatakan pria itu tewas dalam waktu tujuh menit.

Baca: Kasus Khashoggi, Saudi Berjanji Tidak Lindungi Siapapun

Seorang ahli forensik yang bertugas memotong dan membuang jurnalis tersebut menyarankan yang lainnya memakai headphone dan mendengarkan musik. Menurut laporan itu, teriakan sekarat Khashoggi bisa didengar sebelum dia disuntik dengan obat yang tidak diketahui dan kemudian terdiam.

Dalam salah satu rekaman, Konsul Jenderal Muhammad Otaibi, yang melarikan diri ke Riyadh, mengatakan eksekusi harus dilakukan di luar konsulat. “Lakukan eksekusi ini di luar. Anda hanya akan menempatkan saya dalam masalah,” katanya dalam rekaman, seperti dikutip dari laman BBC, Kamis, 18 Oktober 2018.

Baca: Arab Saudi Dikabarkan Siap Akui Pembunuhan Jurnalis

“Jika Anda ingin hidup ketika Anda kembali ke Arab, tutup mulut,” kata salah satu agen, berdasarkan laporan tersebut.

Khashoggi adalah warga dan kolumnis AS untuk Washington Post yang pergi ke pengasingan tahun lalu setelah dilaporkan diperingatkan oleh pejabat Saudi untuk berhenti mengkritik kebijakan putra mahkota.

(ABD)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.