Indonesia Harap Ada Langkah Hukum soal Jurnalis Saudi

Peraih Nobel Perdamaian asal Yaman, Tawakkol Karman, memegang foto Jamal Khashoggi saat protes di depan kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul. (Foto: AFP).

Jakarta: Kasus misteri hilangnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi menyita perhatian dunia internasional, tak terkecuali Indonesia. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir menegaskan Indonesia berharap ada langkah hukum yang diambil terkait kasus ini.
 
Baca juga: Media Turki Sebut Khashoggi Dimutilasi Hidup-hidup.
 
Khashoggi dinyatakan hilang sejak 2 Oktober 2018 setelah masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk mengurus berkas-berkas perceraiannya. Sejak saat itu, Khashoggi tak pernah muncul lagi hingga sekarang.
 
“Kita sangat prihatin soal kasus ini, apalagi terjadi di wilayah diplomatik dan konsuler. Kita harap bisa diketahui apa yang sebenarnya terjadi di situ dan ada langkah hukum yang diambil sesuai dengan hukum di Turki dan Arab Saudi,” kata Arrmanatha, di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.
 
Menurut Arrmanatha, isu Khashoggi ini juga bisa saja dibahas ketika Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir berkunjung ke Indonesia, pekan depan.
 
“Hal seperti ini kan tidak langsung berhubungan dengan hubungan bilateral kita. Tentu dalam pertemuan seperti ini tidak hanya hubungan bilateral yang menjadi perhatian tetapi isu global. Kita lihat nanti perkembangannya saat pertemuan,” lanjut Arrmanatha.
 
Baca juga: Menlu Arab Saudi ke Indonesia Bahas Perlindungan WNI.
 
Otoritas Turki bahkan sudah mengeluarkan laporan bahwa Khashoggi dimutilasi saat di dalam konsulat. Sejak awal, Turki sudah mengklaim bahwa Khashoggi memang dibunuh.
 
Surat kabar Turki juga telah melaporkan salah satu tersangka yang terlibat dalam hilangnya jurnalis Arab Saudi di Istanbul, Turki, meninggal dunia. Mashal Saad al-Bostani dilaporkan tewas dalam kecelakaan mobil yang mencurigakan di Riyadh.
 
Pria 31 tahun tersebut merupakan letnan penerbang Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi. Dia termasuk di antara 15 tersangka yang tiba dan meninggalkan Turki pada 2 Oktober lalu, di hari yang sama Khashoggi masuk ke dalam konsulat.

(FJR)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.