Acer Aspire 3, Terjangkau Pakai AMD Ryzen 5

Jakarta: Awal Juli lalu Acer sempat merilis jajaran laptop seri Acer Aspire 3 terbarunya yang kali ini hadir dari jajaran berbasis keluarga prosesor AMD Ryzen Generasi ke-2 (seri 2000). Seri Aspire 3 sendiri dikenal sebagai segmen laptop entry level dari Acer.

Keluarga prosesor Ryzen sendiri dikenal sebagai kompetitor Intel yang mampu menyajikan performa setara tapi dengan harga di pasar yang lebih terjangkau dan untuk seri Aspire 3 prosesor yang digunakan adalah Ryzen seri U yang digunakan untuk laptop mainstream.

Medcom.id berkesempatan untuk menjajal laptop Acer Aspire 3 (A315-41) yang berbasis AMD Ryzen 5 2500U dengan dukungan grafis AMD Radeon Vega 8. Berikut ini ulasan yang berisi pengalaman penggunaan Medcom.id.

Desain

Acer Aspire 3 (A315-41) hadir dengan mengusung ukuran layar 15,6 inci sehingga ukurannya memang sangat besar tapi menyediakan layar yang lega. Layarnya menggunakan panel LCD yang menyajikan resolusi Full HD 1920×1080 sudah tergolong nyaman di layar untuk kebutuhan penggunaan biasa sehari-hari.

Beruntung ukurannya yang lebar tersebut masih hadir dengan bobot yang ringan sehingga masih nyaman saat digenggam atau dibawa dijinjing menggunakan satu tangan. Ketebalan Acer Acer Aspire 3(A315-41) sekitar 25mm dan bobot 2,3kg.

Dari luar, desain Acer Aspire 3(A315-41) terlihat biasa saja, hanya menampilkan desain metal brush yang tidak glossy. Medcom.id mengakui ini masih terlihat elegan atau tidak murahan.

Membuka laptop ini, Anda akan menjumpai layar yang masih hadir dengan bezel tebal. Permukaan sekitar keyboard juga masih diberikan tampilan metal brush yang lebih mengkil ketimbang cover.

Ukuran layar yang lebar berarti menyajikan keyboard yang juga lebar. Hal ini membuat nyaman pengguna dengan ukuran tangan besar maupun kecil karena jarak antar keycap tidak terlalu berdekatan.

Seperti kebanyakan desain laptop Acer, tombol power masih terletak di pojok kanan atas deretan tombol keyboard jadi pengguna yang masih baru terhadap merek Acer harus terbiasa untuk tanpa sengaja menekan tombol power atau tertukar dengan tombol end disebelahnya.

Selain itu, ukuran trackpad yang luas juga menjadi kelebihan dari ukuran Acer Aspire 3(A315-41) tapi Medcom.id menemukan bahwa pengalaman klik dari trackpad terasa keras.

Fitur

Wajib hukumnya apabila sebuah laptop hadir dengan ukuran besar, ada banyak kelebihan yang dibawanya, misalnya I/O Port yang tidak pelit. Acer Aspire 3 (A315-41) memang tidak lagi menyediakan Optical Disk Drive seperti DVD-RW, tapi ada fitur lainnya.

Di antaranya adalah port USB 2.0 sebanyak dua buah dan satu buah port USB 3.0 ditambah slot Card Reader yang masih sangat dibutuhkan saat ini, terutama yang gemar menyimpan foto dari kamera.

Selain itu, tersedia port RJ-45 untuk terhubung dengan kabel LAN serta port HDMI untuk bisa terhubung dengan proyektor. Melihat fiturnya, semakin kuat bahwa Acer Aspire 3 (A315-41) memang ditujukan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan smartphone dengan layar lebar tapi fitur memadai.

Fitur pendukung hiburan terdapat dua buah speaker stereo yang menurut Medcom.id, suaranya tidak buruk tapi juga bukan yang terbaik. Ukuran layar yang lebar dengan speaker yang biasa menyajikan volume suara kencang sudah cukup untuk modal menikmati hiburan untuk konten video.

Performa

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Acer Aspire 3 (A315-41) yang Medcom.id jajal adalah varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 2500U, yakni prosesor versi mobile jadi jangan disamakan dengan Ryzen 5 untuk seri desktop.

Pendukung lainnya yaitu GPU yang digunakan mengandalkan AMD Radeon Vega 8 dan kapasitas RAM 8GB DDR4 serta memori berbasis HDD kapasitas 1TB.

Untuk kebutuhan sehari-hari kapasitas RAM tersebut sangat cukup dan didukung memori 1TB yang seharusnya sangat besar untuk kebutuhan tersebut.
 

  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard  ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin  Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Dalam pengujian menggunakan software, Acer Aspire 3(A315-41) masuk di golongan laptop kelas menengah yang tidak buruk.
 

PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Cloud Gate 3DMark Sky Diver Cinebench R15 (single) Cinebench R15 (multi)
SKOR 2577 7824 7706 125 471

Pada pengujian kemampuan grafis untuk perangkat kelas high end di 3DMark Fire Strike memang tercatat skornya tergolong kecil di database Medcom.id untuk laptop di kelasnya. Namun, untuk pengujian simulasi laptop gaming kelas menengah lewat test 3DMark Sky Diver hasilnya tergolong tinggi.

Acer Aspire 3 (A315-41) memang masih bisa diandalkan untuk bermain game sekelas CS:GO maupun DOTA 2. Untuk game yang lebih tinggi lagi misalnya saja seperti PUBG laptop ini bisa berjalan lancar, tapi dengan kualitas grafis di bawah medium.

Beralih ke pengujian baterainya menggunakan pengujian baterai di PCMark 8 dengan tingkat kecerahan layar di atur di 50 persen, hasilnya memang kurang memuaskan. Laptop ini hanya bertahan dua jam lebih 44 menit.

Kesimpulan
Acer Aspire 3 (A315-41) menurut Medcom.id adalah laptop yang pas untuk konsumen yang membutuhkan laptop untuk kegiatan sehari-hari yang tidak perlu membutuhkan spesifikasi ala laptop gaming, asalkan memiliki ukuran layar lebar.

Ukuran layar yang lebar dengan konsekuensi postur perangkat yang juga gemuk cukup cerdas dikemas oleh Acer menggunakan material plastik yang tidak murahan dengan sentuhan desain ala metal brush.

Pengalaman menggunakan Acer Aspire 3 (A315-41) juga tidak buruk. Perlu dicatat bahwa sebaiknya trackpad yang disajikan dibuat lebih tactile atau ringan sehingga saat sedang mengetik dalam tempo yang cepat tidak diperlukan tenaga untuk menekannya.

Performanya tergolong baik untuk laptop di kelasnya yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 jenis mobile yang dibanderol dengan harga terjangkau yakni Rp7.499.000. Daya tahan baterai yang tergolong singkat mungkin akan membuat penggunanya harap-harap cemas saat menenteng laptop lebar ini.
 

Acer Aspire 3 (A315-41)

Plus

  • Desain tidak murahan
  • Layar lebar
  • Bobot ringan
  • Fitur dan performa cukup baik

Minus

  • Tidak menyediakan optical disk drive
  • Trackpad keras untuk diklik
  • Daya tahan baterai singkat

 

(MMI)