Pangeran Saudi Mengaku Tak Tahu yang Terjadi di dalam Konsulat

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ketika menerima kunjungan Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengaku tak tahu menahu soal apa yang terjadi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, di mana jurnalis Jamal Khashoggi menghilang.

“Baru saja berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi yang menyangkal mengetahui apa yang terjadi di konsulat mereka di Turki,” tulis Trump di akun Twitter resminya.

Khashoggi menghilang pada 2 Oktober 2018 lalu di Istanbul. Ia terakhir terlihat masuk ke Konsulat Arab Saudi untuk mengurus berkas-berkas perceraian dan kepindahannya. Sejak saat itu, ia tak pernah terlihat keluar dari gedung tersebut hingga saat ini.

Baca: Tim Gabungan Geledah Konsulat Arab Saudi di Istanbul

Dilansir dari AFP, Rabu 17 Oktober 2018, para penyidik Turki bahkan sudah menggeledah gedung konsulat. Ketika mereka akan memeriksa rumah konsul jenderal Arab Saudi, ia telah kabur ke Riyadh beberapa jam sebelum petugas datang.

Trump bahkan mengirim Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Arab Saudi. Tiba di Riyadh, Pompeo disambut oleh Raja Salman bin Abdulaziz dan bertemu dengan Pangeran Salman.

Dalam pertemuan tersebut, Arab Saudi sepakat untuk mendukung penyelidikan yang dilakukan Turki. Bahkan, Raja Salman dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah setuju untuk membentuk tim gabungan guna mencari keberadaan Khashoggi. 

Sejumlah pejabat Turki meyakini Khashoggi telah dibunuh di gedung tersebut. Ankara mengklaim memiliki bukti audio dan video terkait kematian Khashoggi, jurnalis yang pernah beberapa kali mengkritik kebijakan Kerajaan Arab Saudi.

Baca: Konjen Arab Saudi Kabur Sebelum Rumahnya Digeledah

Sumber intelijen Turki juga meyakini bahwa Khashoggi sempat merekam dirinya sendiri saat masuk ke gedung konsulat di Istanbul. Rekaman itu diambil dengan menggunakan fitur di jam tangan pintar merek Apple.

Kasus Khashoggi telah membuat hubungan Arab Saudi dengan Turki dan sejumlah negara Barat menjadi renggang.

(DRI)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.