Tim Gabungan Geledah Konsulat Arab Saudi di Istanbul

Tim investigator Turki dan Arab Saudi menggeledah gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, 15 Oktober 2018 malam. (Foto: AFP / BULENT KILIC)

Istanbul: Tim investigator gabungan Turki dan Arab Saudi menggeledah gedung konsulat milik Riyadh di Istanbul, Senin 15 Oktober 2018 malam waktu setempat. Penggeledahan merupakan bagian dari upaya mencari tahu nasib Jamal Khashoggi, seorang jurnalis asal Arab Saudi yang menghilang usai memasuki gedung tersebut pada 2 Oktober.

Untuk kali pertama, seperti dikutip dari kantor berita BBC, tim penyidik kepolisian dari Turki diizinkan masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Mereka memasuki bangunan tersebut sekitar satu jam setelah grup investigator Arab Saudi.

Saat tiba di konsulat, tim gabungan tidak mengatakan apa-apa kepada awak media. Polisi setempat kemudian menyerukan kepada semua awak media untuk menjauh dari area konsulat.

Sejumlah pejabat Turki meyakini Khashoggi telah dibunuh di gedung tersebut. Ankara mengklaim memiliki bukti audio dan video terkait kematian Khashoggi, jurnalis yang pernah beberapa kali mengkritik kebijakan Kerajaan Arab Saudi.

Namun Arab Saudi membantah keras, dan menyebutnya sebagai tuduhan tak berdasar. Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman pernah mengatakan siap mengizinkan Turki memasuki konsulat di Istanbul.

Sumber intelijen Turki juga meyakini bahwa Khashoggi sempat merekam dirinya sendiri saat masuk ke gedung konsulat di Istanbul. Rekaman itu diambil dengan menggunakan fitur di jam tangan pintar merek Apple.

Baca: Jurnalis Saudi Sempat Hidupkan Rekaman sebelum Masuk Konsulat

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menerima telepon dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz terkait kasus hilangnya Khashoggi. Mereka berbicara cukup lama pada Minggu 15 Oktober.

“Mereka menekankan pentingnya kedua negara mereka menciptakan tim kerja gabungan untuk menyelidiki hilangnya Khashoggi,” sebut pernyataan dari sumber kepresidenan Turki.

Kasus Khashoggi telah membuat hubungan Arab Saudi dengan Turki dan sejumlah negara Barat menjadi renggang.

(WIL)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.