Sebelum Divonis Kanker, Istri Indro Warkop Awalnya Batuk-Batuk

Indro “Warkop”. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Tidak ada yang menyangka awal mula penyakit kanker ganas yang diderita Nita Octobijanthy, istri Indro “Warkop” ditandai dengan hal kecil yang kerap terbengkalai. Kepada awak media, Indro menceritakan awal mula penyakit kanker paru-paru itu muncul sejak Agustus 2017.

“Ketahuannya Agustus 2017. Setahun sebelumnya itu batuk-batuk. Sudah di-handle THT (spesialis telinga, hidung, tenggorokan) juga. Sebelumnya sudah bagus tapi enggak lama batuk lagi. Saya bawa lagi ke THT. Kemudian ada alergi tapi batuknya makin gila sampai keram perut, sampai keram sebadan itu yang terakhir dan langsung dimasukin (rumah sakit),” cerita Indro di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018.

Penyakit kanker itu mulai diketahui ketika sahabat Nita yang seorang dokter spesialis jantung memeriksanya. Nita sempat kejang-kejang karena batuk hingga akhirnya keram dan dilarikan ke Unit Gawat Darurat. Dari situ, ditemukan Nita mengidap kanker paru-paru.

“Pas ketahuannya kebetulan saya enggak tahu, waktu itu saya lagi promo (film) enggak tahu apa-apa, orang dia juga nyetir sendiri kok,” katanya.

Saat masa promo film, istri Indro yang terbaring di rumah sakit menyebut itu adalah rezeki sekaligus tanggung jawab yang perlu diselesaikan.

“Bahkan terakhir aku sempat MC di Bali. Aku sudah enggak mau berangkat, dia bilang ‘berangkat mas’, kasihan teman-teman saya yang di Bali katanya, jadi saya berangkat,” cerita Indro.

Nita meninggal dunia pada Selasa, 9 Oktober 2018 di RS MMC Kuningan Jakarta. Dia menghembuskan napas terakhir sehari setelah merayakan ulang tahun yang ke-59.

(ELG)