Heboh Judoka Miftahul Jannah, Yuk Kenali Manfaat Bela Diri Judo

Suara.com – Kabar kurang menyenangkan menghinggapi kontingen Indonesia yang tengah berjuang meraih medali di Asian Para Games 2018. Dari arena judo tuna netra, atlet putri Miftahul Jannah didiskualifikasi. Senin (8/10) karena ia menolak untuk melepas hijab saat masuk matras.

Terlepas dari hal di atas, olahraga bela diri, baik itu karate hingga judo, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Apalagi untuk anak-anak. Berikut penjelasannya dikutip dari laman Sweetsharing.

manfaat bela diri judo [shutterstock]manfaat bela diri judo [shutterstock]

Melatih mental

Kekuatan mental ini sangat penting untuk olahraga bela diri, sehingga dikatakan oleh para peneliti bahwa kekuatan pukulan dari seorang karateka mungkin bukan berasal dari kekuatan ototnya melainkan dari kontrol yang baik di otak terhadap gerakan ototnya.

Melatih perilaku baik

Peneliti lain juga menemukan bahwa anak-anak yang berlatih taekwondo meraih nilai tes matematika yang lebih baik, begitu pula dalam tes perilakunya.

Melatih kewaspadaan

Peneliti secara khusus mengukur kewaspadaan para atlet bela diri untuk menilai kontrol mental, karena penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa kewaspadaan penuh dan olahraga dapat memiliki efek menguntungkan pada otak.

Dalam penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, peneliti merekrut 21 orang dewasa amatir yang berlatih bela diri (karate, judo, dan taekwondo) dan 27 orang dewasa yang tidak pernah berolahraga, untuk mengikuti tes kewaspadaan.

Selama penelitian, para peserta olahraga bela diri terbukti lebih cepat merespons , terutama saat tak ada peringatan yang diberikan. Ini menandakan bahwa peserta olahraga bela diri memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi, yang dapat mencerminkan kontrol kognitif yang lebih kuat.

Atasi ketakutan

Judo dapat membantu Anda mengatasi ketakutan. Pada awalnya, Anda mungkin takut terluka secara fisik. Rupanya, rasa sakit bagian dari permainan. Saat berlatih judo, Anda akan belajar menghadapi ketakutan, bukan mengalihkannya.

Belajar disiplin

Tujuan utamanya adalah untuk mengajarkan disiplin dan keberanian di saat sang anak berada di posisi darurat atau tidak menguntungkan. Latihan judo efektif membantu Anda membangun ketahanan mental. Bela diri ini mengajarkan Anda untuk melawan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Anda juga akan belajar untuk tidak perlu takut pada lawan yang lebih besar atau terlihat lebih kuat.

Melatih rendah hati

Selain manfaat fisik, judo berdampak baik pada emosional, yakni Anda bisa merasa lebih rendah hati, melatih percaya diri, dan tidak cepat putus asa. Judo membentuk alam pikiran kita untuk tidak jumawa. Maksudnya, Anda bisa saja mengalahkan lawan yang lebih besar hari ini. Namun, besok kondisinya bisa berbeda.

Menjadikan Anda seorang pekerja keras

Hal penting dari memiliki rasa percaya diri adalah Anda membangunnya dari perjuangan untuk belajar, bekerja keras, dan mengalahkan hambatan.

Itulah manfaat olahraga bela diri termasuk Judo. Terarik berlatih?